Contoh Surat Lamaran Kerja

Ini saya buatkan contoh surat lamaran kerja yang umum, sederhana, tulisan tangan dan terlengkap untuk para pencari kerja agar dapat melamar posisi di perusahaan yang sesuai dengan lowongan dari perusahaan yang mengiklankan lowongan tersebut.

Banyak kesalahan yang kami buat dalam surat pengantar karena struktur dan bahasa, jadi sangat penting bagi pelamar untuk meninjau surat pengantar agar mereka dapat menerimanya dan melanjutkan ke langkah berikutnya. .

Jika teman-teman mengikuti format dan saran penulisan surat lamaran, kemungkinan besar surat lamaran Anda akan diterima dengan baik dan Anda dapat melanjutkan ke tahap berikutnya.

format yang digunakan juga harus formal dan sesuai dengan ukuran huruf yang baik.

Jangan sampai surat lamaran Anda ditolak karena Anda sedang terburu-buru dan Anda tidak memperhatikan ejaan dan format surat lamaran Anda yang benar.

Berikut ini, kami telah merangkum contoh surat lamaran ini sebagai bahan referensi pembuatan surat pengantar dari berbagai sumber.

Pengertian Surat Lamaran Kerja

Untuk bergabung dengan suatu perusahaan, terlebih dahulu perusahaan tersebut ingin mengetahui identitas Anda dan Anda harus memperkenalkan diri secara lengkap dan menjelaskan mengapa Anda ingin bergabung dengan perusahaan yang Anda lamar. Proses ini sebanding dengan menulis surat lamaran.

Surat pengantar adalah surat pengantar resmi (formal) dari seseorang yang membutuhkan/mencari pekerjaan dan ditujukan kepada HRD atau manajer perusahaan yang bersangkutan.

Karena HRD atau manajer perusahaan memiliki kewenangan untuk menerima calon atau memberi mereka kesempatan untuk bekerja di perusahaan yang mereka jalankan.

Contoh format surat permohonan sangat berpengaruh terhadap diterima atau tidaknya kita saat melamar suatu perusahaan. Banyak dari kita yang sering mengabaikan format surat lamaran HRD yang baik karena surat lamaran kita hanyalah tumpukan kertas.

Format Surat Lamaran Kerja

Contoh surat pengantar yang baik dan benar adalah surat pengantar yang memenuhi kriteria surat standar pada umumnya. Sebelum mengirimkan dan mengirimkan surat lamaran Anda, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar lamaran Anda diterima dengan baik oleh HRD.

Di bawah ini adalah format dan tips untuk membantu Anda menyusun surat lamaran yang tepat agar surat lamaran Anda tidak sia-sia.

Untuk memberikan contoh surat lamaran yang baik, ada satu format penulisan yang harus diperhatikan sebagai berikut:

Tanggal dan tempat penulisan surat

Format: Kota / Kabupaten, DD / MMM / YYYY
Contoh: Jakarta Pusat, 21 Januari 2021

Tujuan Piagam

Nama perusahaan dan alamat lengkap perusahaan
Contoh :

  • KE
    Sayang. Tuan Nyonya DRH
    Bank CIMB Niaga
  • di Jl. Sudirman #23

Salam / Hormat

Jujur,

Tulis kata pengantar yang baik

Saat menulis kata pengantar, ada baiknya untuk menunjukkan di mana pencari kerja dapat menemukan informasi tentang lowongan ini, baik itu di media sosial, situs web Jobstreet, Loker, dll.

Penting juga untuk menyebutkan posisi yang kita lamar, terutama jika perusahaan memiliki beberapa posisi pada saat yang bersamaan.

Masukkan informasi pribadi Anda

Bagian terpenting dari surat lamaran adalah biografi yang valid. File biodata yang baik mencakup nama lengkap, lokasi, dan tanggal. Kelahiran, alamat dan alamat KTP, nomor handphone/WA aktif dan email

Sertakan pengalaman atau pengetahuan kerja Anda

Jika sebelumnya Anda pernah bekerja di perusahaan lain, sebaiknya tuliskan pengalaman kerja Anda di surat lamaran. Bagi lulusan baru, tidak ada yang melarang menuliskan pengalaman magang mereka sebagai nilai tambah.

Lampiran surat lamaran

Untuk memastikan bahwa surat pengantar yang Anda kirimkan sudah baik dan benar, surat pengantar harus memiliki lampiran dan memuat informasi tambahan di dalam surat pengantar.

Contoh :
Sebagai bahan pertimbangan saya menambahkan:

  • lanjut
  • Fotocopy Ijazah S1
  • Fotokopi transkrip catatan.
  • Fotokopi sertifikat kursus dan pelatihan.
  • foto saat ini

Kesimpulan dan salam

Di akhir surat lamaran sampaikan bahwa Anda layak mendapatkan pekerjaan di perusahaan tersebut dan terima kasih di akhir kalimat di surat lamaran Anda.

Hormat kami (t.t.d dan nama lengkap)

pada titik ini seperti konfirmasi dari pemohon dan menunjukkan sikap hormat dan keseriusan dalam penyusunan surat lamaran.

Yang Harus dilampirkan Dalam Surat Lamaran Kerja

Dalam membuka lowongan untuk jabatan tertentu, suatu perusahaan harus menetapkan syarat-syarat tertentu agar dapat memenuhi kebutuhan perusahaan.

Jadi ada beberapa persyaratan yang wajib dan harus dipenuhi oleh seorang pelamar. Persyaratan ini harus diperhatikan saat memberikan informasi baik melalui media cetak, media digital, maupun melalui teman.

Berikut Nomis.id memberikan saran tentang apa yang harus dilampirkan pada surat lamaran, lampirannya adalah sebagai berikut:

  • Paspor (foto terakhir)
  • Fotokopi KTP
  • lanjut
  • Fotocopy Ijazah Terakhir
  • Fotokopi sertifikat kemahiran (jika ada, untuk setiap kursus atau pelatihan yang telah dilakukan)

Contoh Surat Lamaran Kerja

Bagi sobat yang ingin melamar posisi di perusahaan yang mengiklankan posisi bisa menggunakan contoh surat lamaran ini sebagai contoh untuk melamar posisi salah satu contoh saja

Harap tinjau contoh surat lamaran ini dan edit sesuai dengan persyaratan surat yang Anda inginkan untuk membuatnya sendiri. Sesuaikan setiap surat yang Anda kirim. Pastikan untuk memberikan informasi tentang keahlian dan pengalaman Anda yang relevan dengan posisi yang Anda lamar.

Surat lamaran Anda harus menunjukkan kepada manajer perekrutan secara sekilas mengapa Anda adalah kandidat yang baik untuk dimasukkan dalam perusahaan yang Anda lamar. Lihatlah templat surat lamaran di bawah ini untuk membantu Anda mulai menulis surat lamaran Anda sendiri sebagai prasyarat untuk aplikasi.

  • Perihal: Lamaran ke Medan, 30 Juni 2021
    Lampiran: 8 lembar
  • KE:
    Sayang. Tuan Nyonya DRH
    Bank CIMB Niaga
  • bukannya ini.
  • Jujur,

Berdasarkan informasi yang saya baca dari website Medanloker.com pada tanggal 26 Desember 2020. Dengan adanya surat lamaran ini, saya bermaksud untuk melamar ke Bank CIMB Niaga sebagai back office.

Di bawah ini adalah ringkasan singkat tentang diri saya:

  • Nama: Arron Prayoga
  • Tempat dan tanggal lahir : Karang Rejo, 20 Januari 1996
  • Gelar: Diploma III – teknik komunikasi (I.P.K 3.42)
  • Alamat: Jl. Dusun Pendawa pendahulu Desa Karang Rejo, Kec. stabat
  • PS: 088879890909
  • Email: arronprayoga6@gmail.com

Saya dalam keadaan sehat, berpenampilan menarik, mampu mengembangkan komunikasi yang baik dan mampu bekerja secara individu maupun dalam tim.

Saya dapat berbicara bahasa Inggris dengan baik, baik secara lisan maupun tulisan.

Dengan 2 tahun pengalaman profesional di bidang telekomunikasi, saya dapat bekerja dengan aplikasi komputer seperti SAP, Microsoft Visio, Microsoft Access, Microsoft Excel, Autocad 2D, saya juga memahami berbagai bidang IT seperti HTML, CSS, Javascript, PHP dan saya memiliki pengalaman dalam SEO (search engine optimization), internet marketing dan dapat mengetik dengan cepat.

Sebagai bahan pertimbangan saya menambahkan:

Kartu warna
CV (CV/Curriculum Vitae).
Pindai ID.
Memindai ijazah.
Salinan surat berharga yang dipindai.
Pindai sertifikat cadangan
Pemindaian Tolef Bersertifikat

Oleh karena itu, saya dengan tulus membuat surat lamaran ini. Besar harapan saya agar Bapak/Ibu bersedia memberikan saya kesempatan untuk mengikuti tes dan wawancara agar saya dapat menjelaskan potensi saya lebih detail. Terima kasih atas perhatian Anda.

Jujur,

Arron Prayoga, A.Md

Sumber :