Bisa Pulang Lebaran, Traffic XL Axiata naik 33 persen, streaming naik 52 persen

Tercatat 33 persen lebih tinggi dibandingkan periode Lebaran tahun sebelumnya dan 11 persen dibandingkan hari-hari biasa sebelum Ramadhan.

Data dari PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) Customer Experience & Service Operation Center (CESOC) menunjukkan peningkatan trafik layanan data secara nasional.

Pertumbuhan lalu lintas tidak terlepas dari memungkinkan masyarakat untuk mudik dan berlibur.

Director & Chief Technology Officer XL Axiata I Gede Darmayusa mengatakan, Lebaran tahun ini diisi dengan suasana euforia masyarakat di berbagai daerah karena bisa mudik.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Serial Marvel di Disney Plus Hotstar

“Hal ini kami lihat antara lain dalam peningkatan trafik data yang signifikan, serta data dinamika pergerakan orang dari satu daerah ke daerah lain,” katanya dalam keterangan resminya, Senin (5 September). 2022).

Selain itu, lanjutnya, akses layanan video streaming melalui media sosial juga cukup tinggi.
Gambar aliran video. [Shutterstock]
Gambar aliran video. [Shutterstock]

Selama Ramadan dan Idul Fitri, trafik layanan data nasional didominasi streaming yang mencapai 52 persen, disusul jejaring sosial sebesar 42 persen.

Pada layanan streaming ini, beberapa aplikasi mengalami peningkatan trafik penggunaan yang signifikan.

Layanan berbasis game mengalami pertumbuhan trafik rata-rata hingga 66 persen, Netflix naik 16 persen, YouTube naik 40 persen, TikTok naik 76 persen, Spotify naik 21 persen, dan Vidio relatif stabil.

Pada layanan instant messenger, trafik nasional melalui layanan WhatsApp meningkat sebesar 38 persen.

Baca Juga: Indosat Ooredoo Hutchison Catat Peningkatan Traffic 27 Persen

Sementara itu, trafik Twitter di layanan jejaring sosial meningkat 29 persen dan Meta (Facebook) naik 38 persen.

Sumber :